Kebiasaan buruk (?)

Saya memiliki kebiasaan yang entah datang darimana dan sejak kapan. Saya senang mendengarkan lagu. Tidak khusus dan terhenti pada genre tertentu. Tapi memang senang saja mendengarkan detail lagu dan instrumen musik. Karena itu playlist lagu yang saya miliki sangat variatif dari yang paling alay sampai new age atau instrumental.

Omong-omong, bukan itu kebiasaan yang saya maksud. Kebiasaan yang saya maksud adalah saya sangat senang mem-visualisasi-kan lagu yang saya dengar kemudian mengaitkannya dengan seseorang atau sesuatu. Jika memang sudah terkait dengan seseorang atau sesuatu maka setiap mendengarkan lagu itu, saya hampir bisa dipastikan akan selalu mengingatnya.

Misalkan.

Contohnya lagu yang saya berikan untuk diri saya sendiri. Diantaranya itu. Romansa Cinta – Samsons, Guardian Angel – The Red Jumpsuit Apparatus, Rhytm of Love – Plain White T’s, dan Marry your daughter – Bryan McKnight. Kenapa? Karena saya selalu bermimpi seseorang menujukan lagu itu untuk saya. Ya ya ya. Boleh kok bilang saya lebay.

Contoh lain. Ketika saya berada di jok belakang mobil seorang teman, lalu tidak sengaja mendengarkan lagu Starshine – Gorillaz, dan kemudian saya mendadak suka dengan lagunya. Maka setiap lagu itu saya dengarkan, saya akan bisa hampir memastikan akan ingat dengan si teman empunya lagu.

Itu sebenarnya kebiasaan buruk bukan ya? Kenapa kebiasaan buruk?

Karena terkadang juga ada kenangan-kenangan tidak menyenangkan yang terkait dengan lagu dan saya akan sulit sekali untuk lupa karena image yang sudah terlanjur melekat pada lagu dan seseorang atau sesuatu.

Contohnya sekarang. Seseorang sangat melekat dengan lagu Kerispatih yang berjudul Lupakan aku. Di satu sisi, sayangnya saya sangat menyukai lagu itu. Sementara disisi lain, setiap lagu itu diputar, saya selalu ingat dengan orang yang seharusnya sudah tidak saya ingat lagi mengingat si orang tersebut sudah tidak lagi ingin menjadi salah satu bagian dari cerita hidup saya. *Tseeehh… bahasamu nak.*

Ok. Sekian.

Ah ya. Belakangan terbiasa “melampirkan” lagu di blog. Jadi sekarang saya juga ingin sharing lagu lagi *yang tentu saja lagunya sudah pada tau*

Justice – Parade *Saya cuma suka musiknya saja. Sisanya enggak. Karena saya murni penyuka musik, lagu, dan segala detail instrumen di sebuah lagu*

Arcade Fire – Abraham’s Daughter

nb: I’m so crazy about Hunger games trilogy. That’s why i love this song.

Musik seperti ini justru belakangan membuat saya bisa sedikit bersemangat. Ya, begitulah.

 

Leave a Reply

