Sabar, Ikhlas, Semangat

Tulisan ini bukan untuk menggurui, bukan pula untuk menasehati

hanya untuk pengingat diri sendiri

Satu kata cukup untuk menjelaskan semuanya. Gagal.

Gagal itu berat, gagal itu sulit diterima. Gagal itu ibarat bola bowling. Menjatuhkan semua yang bisa ia sentuh.

Gagal tidak baik dijadikan teman dekat tapi cukup bijak dijadikan sebagai guru. Guru adalah pengajar. Gagal inilah yang mengantarkan saya bertemu lagi dengan tiga kata itu. Tahap awal saya berhasil, yaitu gagal. Tahap berikutnya. Itu yang jadi persoalan.

Sabar, Ikhlas, Semangat! Jadikan teman dekat.

Sabar, Ikhlas, Semangat.

Tiga kata yang sungguhlah mudahnya terucap namun sulit ternyata… ketika pada saat dimana tiga kata itu dibutuhkan, sungguh sulit untuk dilakukan.

Disebuah hari dapat menjadi kata-kata tanpa makna, tapi tidak malam ini.

Untuk apa saya rela begadang jika tidak untuk sekejap memberi makna.

Sabar.

Ikhlas.

Semangat.

Butuh waktu tengah malam untuk berpikir. Mengucapnya ribuan kali tidak sama dengan saya berhasil melakukannya.

Tidak sesederhana itu nyatanya.

Butuh “bagaimana” untuk menjawabnya. Bagaimana saya bisa gagal? Bagaimana saya bisa menghadapi kegagalan?

Sampai pada saat dimana saya tersadar, bahwa saya menemukan pertanyaan sekaligus jawaban untuk itu semua.

Sampai pada akhirnya saya tahu

Sabar, Ikhlas, Semangat adalah batu loncatan saya untuk bisa lebih baik lagi.

apa rasanya setelah sesaat memaknai? Sama seperti ini.

Sejuk kan? Begitu rasanya.

————————————————————————————————————–

. Rezeki nggak pernah tertukar. Rezeki nggak pernah pergi, cuma nunggu waktu untuk kembali.

Saya yang sungguh random.

Leave a Reply

