10 Film Indonesia Terbaik versi saya

Saya bukan penggila film atau orang yang update soal film. Film-film yang saya tonton itu adalah film-film yang ketika membaca atau melihat sinopsis atau animonya tinggi dan menurut saya bagus untuk ditonton. Dan kali ini saya ingin saja posting tentang 10 film terbaik versi saya dari zaman dulu sampai sekarang.

1. Nagabonar Jadi 2

Terlepas dari kesukaan saya dengan aktor deddy mizwar, film ini memang film yang bagus. Salah satu film terbaik yang pernah Indonesia punya menurut saya.

Ada dua tema utama yang diangkat difilm ini menurut saya dan itu nilainya beneran dalem banget. Nasionalisme dan Cinta (baik itu sama keluraga maupun pasangan). Disini itu ceritanya tentang Nagabonar yang udah tua dan memiliki anak (Bonaga) yang anaknya itu ceritanya sukses sebagai kontraktor dan bermaksud menjual lahan kebun kelapa sawit milik Nagabonar kepada orang Jepang.

Kenapa film ini saya masukkan ke dalam salah satu film terbaik versi saya? Karena pertama tema yang diangkat itu. terutama nasionalisme. Susah banget nyari film Indonesia yang berkualitas tapi ngena sekarang-sekarang ini. Filmnya dikemas ringan tapi tetap menyentuh. TOP lah. Selain itu, memang saya juga penggemar filmnya Om Deddy Mizwar dari dulu sejak SD sampai sekarang ūüôā

saya jarang beli dvd asli buat ditonton, hanya beberapa dvd film yang asli yang saya beli. itupun hanya film yang benar-benar terbaik menurut saya. untuk film yang ini, saya cukup merasa bersalah kalau beli bajakan. Saya bahkan beli dvd aslinya saking sukanya ūüėÄ

2. Laskar Pelangi

¬†¬† Kalau film yang ini sih pasti sudah banyak yang nonton dan suka. Semua juga pasti setuju ini adalah salah ¬† ¬† ¬†satu karya terbaik anak bangsa dalam dunia perfilman. Ceritanya sedernaha tapi dalam (memang film ¬†Indonesia tipikal saya banget itu yang “sedernaha tapi ngena”). Film ini tentang 10 anak Belitong yang ¬†mengejar cita-cita dan tentang kebersamaan. Tentang pentingnya pendidikan agama dan budi pekerti juga sih. ¬†Tokoh yang saya suka disini lumayan banyak. Lintang, Mahar, Bu Mus, dan Pak Harfan. Linbtang terutama. ¬†Sekalipun banyak kontroversi tentang keberadaan Lintang ini di dunia nyata karena film ini diangkat dari novel ¬†yang menceritaan tentang kisah nyata si Pengarang, tapi sejujurnya peran dan posisi Lintang difilm ini ¬†merupakan gambaran yang ideal dan yang paling pas di film ini. Kalau pun Lintang itu fiksi, ya nggak masalah.

Qoute yang paling saya sukai difilm ini adalah yang diucapkan pak Harfan :

“Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknye bukan menerima sebanyak-banyaknye”

Sederhana tapi lumayan bikin terhenyak pas waktu nonton itu.

3. Mengejar Matahari

Ini adalah film dijaman saya SMA (kalau nggak salah). Temanya tentang persahabatan. Film ini bercerita tentang 4 orang yang bersahabat sejak kecil, dengan cita-cita dan karakter masing-masing, dengan latar belakang yang berbeda. Kenapa judulnya mengejar matahari? Karena sejak kecil kecil mereka memiliki ritual untuk berlomba-lomba dalam berlari untuk menjadi yang tercepat ke sbuah ditik di kompleks rumah mereka. Mereka namakan itu, Mengejar matahari. Saya suka sekali alur dan pnegambilan gambar difilm ini. Dulu karakter yang saya suka di film ini adalah Udjo project pop. Waktu menonton film ini, saya juga belum tahu kalau fedi nuril itu ganteng. hahahaha.

Hal lain yang sangat saya suka dari film ini adalah soundtracknya. Dnegan judul yang sama dan dinyanyikan oleh ari lasso. Mengejar matahari. setiap mendengar lagu ini, pasti bawaannya semangat terus ūüôā

4. Rumah Dara

¬†Waktu film ini muncul, itu juga sudah heboh. saya cukup penasaran dengan filmnya. Genrenya pun sedikit ¬†berbeda dari kebanyakan film Indonesia. ditambah lagi dengan berita bahwa akting si Shareefa Danish difilm ¬†ini adalah aktingnya yang paling maksimal selama berkarir. Genrenya semacam thriller atau horror. Bukan film ¬†yang begitu saya sukai. tapi untuk film Indonesia dengan genre sejenis, film ini termasuk film ¬†yang¬†recommended. Soalnya sekarang2 nyari film horor yang nggak kacangan susah. Jadi, Rumah Dara termasuk ke dalam salah satu film (horor) terbaik versi saya…

¬†Filmnya bikin speechless dan GILA! Dara(h)-Dara(h)an…


5. Tusuk Jelangkung

¬†Masih soal genre horor, Tusuk Jelangkung ini film yang diproduksi tahun 2003, dan BOOMING banget lah film ¬†ini saat itu. Cerita masih tentang anak-anak muda yang bermain tusuk jelangkung yang akhirnya dikejar oleh ¬†arwah penasaran. Waktu itu masih zman kejayaannya Marcella Zalianty, Sammuel Rizal, dan Dina Olivia…

Yang paling menarik pendnegaran saya saat menonton film ini pun adalah soal lagu soundtracknya. lagunya ¬†/Rif – Arah. Keren ūüôā Saya bukan penyuka horor, tapi kalau disuruh memilih film horor terbaik Indonesia…ya ¬†saya pilih film ini terutama karena nggak pake judul aneh dan ngumbar aurat macam film horor Indonesia ¬†sekarang.

6.  Kiamat Sudah Dekat

¬†Ini adalah film yang bergenre religi dan ini film jadul. Sekalipun jadul, saya tetap suka. Film Deddy Mizwar ¬†lainnya. Tentang seorang rocker bernama Fandy (Andre Taulany) yang jatuh cinta kepada seoarang mahasiswa ¬†anak seorang Kyai dan gadis itu bernama Sarah (Ayu Pratiwi). Disini diceritakan tentang perjuangan Fandy ¬†yang tidak mengenal agama dan mulai belajar tentang agama yang awalnya merupakan syarat untuk ¬†mendapatkan Sarah. Seperti film-film Deddy Mizwar lainnya, film ini pun sarat akan makna. Itulah mengapa ¬†saya menyukai film-film Deddy Mizwar. ditabah lagi, saya juga suka Andre Taulany ūüôā

Sekalipun berapa kali nonton, tetap nggak ngebosenin buat ditonton. TOP lah… ūüôā

7. Ada apa dengan Cinta?

 Yah. Masih sungguh sangat bisa diingat dan segar dalam pikiran, dulu zaman SMP film ini adalah film yang  menjadi buah bibir dimana-mana. Temanya tentang cinta dan persahabatan. Film ini juga terkenal dengan  adegan ciumannya yang lama itu. yang lumayan bikin orang yang nonton bisa iseng buat ngitungin berapa  detik. Ceritanya sebenarnya sederhana, khas anak muda. Tapi zaman dulu film ini tuh mampu menarik  perhatian semua orang. Ditambah lagi bintangnya yang good looking saat itu.

Qoutenya yang terkenal sampai sekarang pun masih membuktikan gimana populernya film ini.

“Trus salah gue? salah temen-temen gue?”

Selain quotenya yang terkenal, soundtrack lagunya pun bagus. Masih ingat ketika sedang booming-boomingnya film ini waktu SMP, teman-teman sebaya pun mayoritas pada ngebentuk geng macam film ini. Ckckck.

8. Merantau

Seperti judulnya, temanya pun tentang Merantau, sebuah kebiasaan yang menjadi tadisi/kebiasaan masyarakat  Minang (Sumatera Barat) dimana seorang anak (laki-laki) eprgi mencari kehidupan di dunia luar selain di  kampungnya untuk kehidupan yang lebih baik. Genre film ini Action (genre favorit saya selain komedi). Banyak  adegan seru di film ini (adegan perkelahian tentunya) namun jika boleh berpendapat film ini sedikit miskin alur  cerita karena sepertinya memang fokus di adegan perkelahian. Film ini diproduksi oleh orang asing.

Terlepas dari kenyataan bahwa saya adalah seorang keturunan Minang asli, film ini bagus dan ¬†direkomendasikan untuk ditonton ūüôā

9. Catatan Akhir Sekolah

Film yang satu ini sih berani saya sebut film kesukaannya anak muda, terutama anak sekolah. Filmnya segar dan ¬†ciri khas anak muda, bersemangat ūüôā Walaupun tema film ini adalah tema yang banyak diusug oleh film-film lain, ¬†yaitu Cinta dan Persahabatan. tapi tetap saja film ini bisa menjadi film yang tidak membosankan untuk ditonton ¬†berapa kalipun. Karakter yang dimainkan difilm ini pun pas porsinya. Mulai dari Arian si bocah mading, agni si ¬†gila film sampai alde si bocah populer. Soundtrack yang dinyanyikan Mocca pun seperti mampu mendeskripsikan ¬†bagaimana segarnya film ini. Btw, kata-kata segar itu tidak cuma dimiliki oleh sayur dan buah.

Ceritanya ringan tapi memikat. Two thumbs up buat film ini. Bravo ūüôā

10. Sang Pemimpi

 Ini sekuel lanjutan tetralogi Laskar Pelangi. dua film yang muncul yang diangkat dari novel Andrea Hirata, dua-  duanya pun menjadi film Indonesia terbaik versi saya. Memang bagus. Bener.

Masih tentang mimpi dan cita-cita. Film ini masih saja bercerita tentang bagaimana semangat dan pantang ¬†menyerah untuk mencapai cita-cita kita. Karakter yang saya suka di film ini? tentu saja Arai (muda), Ayah Ikal, ¬†dan Kepala Sekolah ūüôā Tapi semua pemain pun memainkan peran dan andil dengan baik. Film ang sangat bagus ¬†dan wajib tonton ūüôā

Saya tidak begitu suka menonton film, tapi untuk film yang bagus dan layak ditonton… saya suka ūüôā

nb: semua gambar dapet dr internet (goggle, wikipedia)

4 thoughts on “10 Film Indonesia Terbaik versi saya

Leave a Reply

