Jika bersedih, maka bersyukurlah.

Hidup itu adalah tentang senang dan sedih. bak dua mata pisau. secara singkatnya begitu.

Tugas kita sebagai manusia adalah MENIKMATI DAN BERSYUKUR. sesederhana itu saja, tapi tidak begitu untuk realisasinya. Ketika kita bersedih, jangan pernah terlalu larut dalam kesedihan atau celakanya lagi menyalahkan keadaan. apapun masalahnya. Ketika bersedih, nikmati saja masa – masa sedih itu. sedih bukan hanya soal perasaan duka, tapi kecewa dan galau pun juga saya bisa dikategorikan disini.

Kenapa bersedih harus dinikmati? karena ia tidak akan datang setiap hari, setiap waktu, setiap kesempatan. jikalau memang kita sedang merasa sebagai orang paling sial dan menderita didunia ini, maka saya punya beberapa saran yang menurut saya bisa meringankan setidaknya sedikit perasaan “negatif” tersebut agar tidak berlarut – larut.

  1. Cobalah luangkan waktu barang sebentar saja. cobalah jalan – jalan keluar. jalan ke tempat dimana kita tidak bisa menemukan keberuntungan seperti yang kita miliki. misalnya : kita bersedih karena nilai yang tidak sesuai harapan atau katakanlah damn anjlok. coba berjalanlah ke tempat sekitar area lampu merah dimana banyak anak – anak jalanan yang masih saja tidak bisa mengecap “bosannya” pendidikan. cobalah bertanya pada mereka tentang KETIDAKBERUNTUNGAN mereka. sekarang coba ihat lagi ke dalam diri kita. cobalah bersyukur. cobalah bersyukur. tidak akan sulit. contoh lain, ketika kita merasa orang paling menderita seluruh dunia, cobalah lihat dan berbagi disekitar. masih ada orang yang di masa senjanya harus memulung sampah – sampah yang kita sediri akan merasa jijik, masih banyak orang – orang yang divonis penyakit kanker otak *yang bahkan umur mereka saja masih setengah umur manusia yang baliqh* yang masih saja bisa bersyukur tentang keadaan mereka. bersyukur saja. seakan – akan, Allah hanya meniupkan rasa syukur kepada mereka. sekalipun terkadang, putus asa pun masih bisa mereka rasakan. tapi mereka bisa tetap menikmatinya. dengan bersyukur.
  2. kalo malas jalan, yah minimal searching di internet saja tentang ketidakberuntungan orang lain. misalnya seperti cerita seorang gadis yang tidak memiliki lengan namun mampu menjadi pilot pertama dari kalangan orang yang cacat. banyaklah. pasti. tinggal di searching saja
  3. Coba dengarkan lagu yang bisa meningkatkan semangat. hindari lagu – lagu sedih yang justru akan semakin menambah aura negatif pada diri kita. atau instrospeksilah. ada hukum fisika yang mengatakan…
              “ada aksi maka ada reaksi”
                          pastinya setiap apa yang kita terima adalah suatu bentuk akibat dari aksi yang kita lakukan sendiri. apapun itu, coba                             terima dan bersyukurlah.
Teori saya pribadi, hidup kita sekarang ini adalah sebuah lingkaran. menurut saya, lingkaran adalah elemen dasar kehidupan. ketika kita bersedih, maka lingkaran itu akan terus berotasi. tidak akan pernah selamanya kita merasakan perasaan sedih maupun perasaan negatif lain seumur hidup (kecuali jika memang kita adalah orang yang tidak bisa bersyukur). suatu saat akan ada masanya dimana kita akan mengucapkan selamat tinggal pada rasa sedih (namun, akan ada pula saatnya kita mengucapkan selamat datang lagi pada rasa sedih).
tapi sebagai manusia yang dianugrahi otak oleh Tuhan, maknailah kesedihan itu dengan lebih bijak dengan tidak terlalu berlarut – larut dalam kesediahan. sibukkanlah dengan hikmah yang muncul dibalik kesedihan itu. lalu bersyukurlah.

nb : di tulis untuk menyemangati diri sendiri

Advertisements

One thought on “Jika bersedih, maka bersyukurlah.

  1. haiii.. saya akan nambahin Rini ke posteroll sayaa.. hehe salam blogging! eh blogger! 😀
    tetap semangat!
    selamat menunaikan ibadah di Bulan Suci Ramadhan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s